linimassa.id – Untuk mencapai pekerjaan impian, semua harus dipersiapkan dengan baik dan tepat. Upgrade skill yang mumpuni, belajar dari berbagai macam literasi dan informasi.
Maka dari itu, kamu harus mempersiapkan diri dengan mempelajari hal berikut.
RISET
Fresh Graduates itu biasanya masih suka bingung mau berkarier di bidang apa. Wajar, soalnya mungkin belum punya banyak pengalaman dan belum ketemu apa yang disukain.
Tapi biar nggak buta-buta amat nih pas apply kerjaan, kamu bisa banyak2 riset soal pekerjaan yg mungkin sesuai sama minat, perusahaan tujuan (cari tahu soal produk/valuesnya juga), kompetitor perusahaan, sampai range gaji buat posisi tersebut.
UPGRADE SKILL
Fresh Graduates biasanya dilihat sebagai “belum banyak pengalaman”. Sedangkan skrg perusahaan kadang prefer nyari yg berpengalaman.
Makanya, biar bisa nge-boost value kamu di mata HRD, tunjukin kalau kamu itu emang punya berbagai skill yg dibutuhin perusahaan.
SIAPKAN DOKUMEN
Persyaratan dokumen dari tiap perusahaan bisa beda-beda, tapi bbrp dokumen yg pasti/sering dimintain ada 3:
1. CV (Curriculum Vitae)
Saat bikin CV, pastiin kamu perhatiin hal2 ini:
Cantumin informasi lengkap dan relevan. Mulai dari deskripsi diri, pendidikan, pengalaman, skill, sampai informasi kontak.
Pastiin desain dan struktur CV kamu rapi jg mudah dibaca. Ini termasuk penggunaan font dan warna ya.
Recheck kembali CV kamu sblum dikirim. Perhatiin typo, tata bahasa, sampai hyperlinknya udah benar atau nggak. Ini kesalahan kecil yg bisa ngasih impression buruk ke HRD.
2. Cover Letter
Poin2 yg bisa kamu bahas dalam Cover Letter, yaitu:
– Alasan tertarik buat apply di perusahaan tsb
– Ceritain pengalaman/prestasi relevan
– Jelasin skill yg kamu kuasain
– Alasan kenapa kamu adlh kandidat yg tepat utk posisi itu
Nah, hal2 kecil lainnya yg juga perlu kamu perhatiin pas buat Cover Letter itu:
– Tulis tujuan surat secara spesifik. Will be better kalau kamu tau nama HRDnya.
– Tutup surat dengan kalimat harapan kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya.
3. Portfolio
HRD bakal suka banget nih kalau kamu menyertakan Portfolio saat apply kerja. Soalnya HRD jadi bisa dapat gambaran cara kerja kamu dan tahu harus berekspektasi seperti apa saat kamu bekerja di perusahaan mereka.
Lalu, untuk dokumen2 ini, jangan lupa penamaannya harus jelas ya!
Cantumin jenis dokumen, nama kamu, dan posisi yang dilamar. Ini biar dokumen kamu mudah dicari dan nggak dikira lamaran abal2 sama HRD.
Misalnya : CV_Minskill_Social Media Specialist.
LAMAR KERJA DI BERBAGAI PLATFORM
Untuk meningkatkan peluang, kamu bisa daftar di berbagai platform lamaran kerja, seperti LinkedIn, Indeed, Jobstreet, dan lain-lain
NETWORKING
Para fresh graduates, terus perluas relasi kamu ya. Nggak jarang loh bisa dapet info loker dari relasi2 yg udah dibangun.
Paling mudahnya bisa dengan ajak connect orang lain di LinkedIn dan jangan lupa kenalan dichat juga ya.
INTERVIEW KERJA
Bisa sampai ke tahap interview artinya kamu selangkah lebih dekat untuk diterima kerja, nih! Biar bisa maksimal, coba lakuin ini:
Ceritain pengalaman pake metode STAR biar jawaban jelas dan terstruktur.
Fokus menjawab pada kontribusi yg bisa kamu berikan buat perusahaan
Siapin pertanyaan buat rekruter dan banyak latihan juga ya! Kamu bisa latihan bareng temen atau di website seperti Google Interview Warmup, Skillana, atau Interviewing.
Nah, berikut merupakan beberapa hal yang harus kamu kembangkan dan kamu pelajari agar mudah mendapatkan perkerjaan. (AR)