linimassa.id – Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan dalam sektor perkebunan yang cukup banyak diminati masyarakat. Bahkan saat ini minuman yang terbuat dari biji kopi menjadi salah satu gaya hidup masyarakat.
Tak hanya sekedar minuman yang dinikmati tiap pagi, kopi berkembang menjadi sebuah tren. Industri pengolahan kopi di dalam negeri mengalami peningkatan signifikan, terlihat dari roastery, cafe dan warung atau kedai kopi yang berkembang pesat, baik di kota besar maupun kota kecil. Bahkan, industri pengolahan kopi nasional tidak hanya menjadi pemain utama di pasar domestik, tetapi juga telah merambah ke pasar global.
Dengan antusias terhadap kopi yang semakin tinggi, Summarecon Mall Serpong (SMS) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Republik Indonesia kembali menggelar Kopi Craft Indonesia. Acara yang ditujukan untuk para penikmat kopi ini digelar mulai 26 Mei – 5 Juni 2022, di Atrium Forum, Circle, dan Broadway Stage SMS.
Kopi Craft Indonesia diisi dengan banyak rangkaian acara mulai dari Coffee Bazaar & Exhibition, dan Talk & Share dengan beragam topik bahasan seputar kopi seperti Indonesia Coffee Shop Success Story, Biji Kopi Nusantara, Coffee & Cigar Pairing, Agrowisata Kopi dan masih banyak lagi.
Tak hanya itu, SMSLovers juga bisa menikmati kopi yang dibuat oleh Robot Barista, dan mendapatkan coffee experience baru berupa story telling asal jenis kopi, cara penyajian, hingga rasa kopi yang disajikan.
Kopi Craft Indonesia juga memberikan wadah bagi para barista untuk unjuk kebolehan dalam Manual Brewing & Signature Coffee Competition, dengan total hadiah 55 juta rupiah. Lebih dari 30 tenant meramaikan Kopi Craft Indonesia, di antaranya First Crack Coffee, Otten Coffee, Anomali Coffee, Klasik Beans, Kopi Kalyan, dan lain-lain.
“Kopi Craft Indonesia digelar dengan tujuan menyuntikkan semangat pada industri kopi Indonesia, termasuk kepada para petani kopinya. Acaranya dikemas melalui berbagai agenda yang interaktif seputar kopi yang diikuti oleh lebih dari 30 tenant kopi dari Jakarta, Bandung, dan kota-kota lain,” jelas Tommy, Center Director Summarecon Mall Serpong.
Menurut Tommy, beragam sajian konten menarik berbasis kopi ini diharapkan dapat merangkul tidak hanya para pelaku UMKM kopi dan coffee enthusiast, melainkan juga pengunjung setia SMS. (spy)