linimassa.idlinimassa.id
  • News
  • Pemerintahan
  • Pendidikan
  • Bisnis
  • Gaya Hidup
  • Khazanah
  • Berita Video
Reading: Kecerdasan Buatan dan Kebijaksanaan Hati di Hari Komunikasi Internasional
linimassa.idlinimassa.id
  • News
  • Pemerintahan
  • Pendidikan
  • Bisnis
  • Gaya Hidup
  • Khazanah
  • Berita Video
Cari di sini
  • News
  • Pemerintahan
  • Pendidikan
  • Bisnis
  • Gaya Hidup
  • Khazanah
  • Berita Video
Punya akun? Sign In
Follow US
  • Disclaimer
  • Privacy
  • Redaksi
  • Info Iklan
© 2023 linimassa.id. Designed by dezainin.com
linimassa.id > Indeks > Pendidikan > Kecerdasan Buatan dan Kebijaksanaan Hati di Hari Komunikasi Internasional
Pendidikan

Kecerdasan Buatan dan Kebijaksanaan Hati di Hari Komunikasi Internasional

Hilal Ahmad 17 Mei 2024
Share
waktu baca 4 menit
Hari Komunikasi Internasional (Foto : Nawacita)
Hari Komunikasi Internasional (Foto : Nawacita)
SHARE

linimassa.id – Setiap 17 Mei diperingati sebagai Hari Komunikasi Internasional. Pada tahun ini tema yang diangkat adalah Kecerdasan Buatan dan Kebijaksanaan Hati : Menuju Komunikasi Seutuhnya.

Contents
TantanganPenerimaan Pesan

Asal tahu. kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) adalah bidang ilmu yang berkembang sangat cepat akibat disrupsi teknologi yang mengubah banyak aspek kehidupan modern.

AI dapat membantu manusia dalam berbagai bidang, mulai dari industri, kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lainnya. Namun, pemanfaatan AI juga menimbulkan berbagai tantangan seperti keamanan, privasi, sosial, dan ekonomi.

Kehadiran AI dianalogikan bagaikan dua sisi mata uang. Pada satu sisi, AI dapat dipandang sebagai kekuatan transformatif yang bermakna positif. Teknologi AI mampu berpotensi memberi keuntungan dan produktifitas. Namun sisi lain, penyalahgunaan AI dapat menimbulkan ancaman bagi penggunanya.

Kehadiran AI di tengah aktivitas berbagai profesi memperlihatkan adanya kemudahan yang disuguhkan oleh teknologi.

Dalam kegiatan industri komunikasi, berbagai perusahaan seluruh dunia sudah menggunakan AI. Berkaitan dengan penggunaan AI dalam public relations, periklanan, hingga penyiaran.

AI juga dapat digunakan untuk memfasilitasi pembuatan sebuah public relations campaign yang tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional.

Pembuatan konten-konten iklan dan penyiaran digital dapat diproduksi secara cepat dan mudah. Ketiga hal itu menggunakan bantuan kemampuan AI.

Ketika dihadapkan dengan pesatnya pertumbuhan teknologi AI. Di sisi lain, tidak bisa dipungkiri memunculkan kekhawatiran semua pekerjaan akan digantikan oleh mesin.

Namun hal itu tidak akan terjadi karena AI tetap bergantung kepada human centre atau peran manusia.

- Advertisement -
Ad imageAd image

AI tidak memiliki kemampuan untuk berpikir menghasilkan ide-ide kreatif untuk inovasi, AI tidak dapat mengambil alih manusia di ruang tersebut.

AI itu hanya alat tetap harus dibutuhkan manusia-manusia kreatif yang bisa memanfaatkan itu.

 

Tantangan

Penyalahgunaan AI menjadi tantangan seperti ancaman keamanan data, peretasan, pencurian, atau penyalahgunaan data.

Sebab, potensi pelanggaran penyalahgunaan data sangat besar. Oleh karena itu, ia menekankan privasi pengguna AI, baik individu maupun kelompok dalam setiap sektor harus dilindungi.

Dalam momentum hari komunikasi internasional, saatnya membangun kesiapan ekosistem pengembangan AI. Selain itu, edukasi dan sosialisasi diperlukan untuk meningkatkan kapasitas penggunanya.

Hal itu diperkuat dengan pembuatan regulasi yang dapat melindungi masyarakat, pelaku industri, hingga pemangku kepentingan.

 

Penerimaan Pesan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.

Dengan begitu, komunikasi yang baik merupakan proses interaksi di mana pesan atau informasi disampaikan dengan jelas, tepat, dan dimengerti oleh pihak yang menerima. Ini melibatkan keterbukaan, empati, pendengaran aktif, dan kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan cara yang sesuai dengan konteks dan audiensnya.

Dulu banyak cara tradisional yang dilakukan agar bisa melangsungkan komunikasi antara dua pihak. Seiring berjalannya waktu, teknologi komunikasi kemudian mengalami perkembangan dengan adanya sistem pos dalam bentuk surat kabar yang akan diantarkan kepada sang tujuan sesuai dengan alamat isi surat.

Meskipun masih terbatas, namun komunikasi tetap bisa tercapai dan berlangsung secara efektif. Perkembangan zaman turut serta membawa perkembangan terhadap media komunikasi. Kemunculan teknologi komunikasi pertama kali, yaitu melalui radio.

Pada 17 Mei 1865, didirikan International Telegraph Union (I.T.U) yang hingga saat ini didedikasikan sebagai Hari Komunikasi Internasional. Hari Komunikasi Internasional sudah dirayakan sejak 17 Mei 1969 untuk memperingati terbentuknya I.T.U yang merupakan badan khusus PBB dalam membidangi hal-hal yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi. (Hilal)

Share This Article
Facebook X Whatsapp Whatsapp Telegram Copy Link Print
- Advertisement -
Ad imageAd image
- Advertisement -
Ad imageAd image
- Advertisement -
Ad imageAd image

Terkini

ITTS
ITTS Pamerkan Hasil Inovasi Teknologi Dosen dan Mahasiswa di Jakarta
Pendidikan
Pamulang Permai
Aliansi Pemuda Pamulang Permai Dukung Pemagaran Jalur Pipa Gas Pertamina, Tapi dengan Catatan..
News
Tol Merak
Akses Tol Merak Cikuasa Atas Ditutup 2–9 November, Dialihkan ke Jalur Merak Bawah
News
Gunung Pulosari
Jalur Pendakian Gunung Pulosari Ditutup Sementara, BPKH Perhutani Klarifikasi
News
Narkoba
Bareskrim Polri Antisipasi Modus Baru Peredaran Narkoba Lewat Jasa Pengiriman
News
linimassa.idlinimassa.id
Follow US
© 2023 linimassa.id. Designed by dezainin.com
  • Disclaimer
  • Privacy
  • Redaksi
  • Info Iklan
logo-linimassaid
Selamat datang kembali!

Login ke akunmu

Username or Email Address
Password

Lost your password?