LINIMASSA.ID – Bisnis Seblak identik dengan rasanya yang pedas dan gurih, seblak menjelma menjadi salah satu kuliner yang paling populer terutama di kalangan muda.
Makanan khas Sunda atau Bandung yang awalnya dikenal sebagai camilan sederhana, menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dan tahan banting terhadap perubahan zaman.
Popularitas Bisnis Seblak membuktikan jika makanan tradisional dapat bersaing dengan makan modern yang terus berdatangan. Dengan kepopulerannya, banyak perintis usaha memilih seblak sebagai produk yang dijual.
Memiliki daya tarik yang unik dari tekstur kenyal kerupuk basah, serta rasa gurih pedas membuat seblak digandrungi berbagai kalangan.
Tak ingin ketinggalan zaman, kelezatan Bisnis Seblak kini dipadukan dengan berbagai topping, seperti bakso, sosis, telur, ceker ayam, makaroni, mie, sayuran, hingga seafood. Inovasi yang terus berkembang tersebut membuat pelanggan tidak mudah bosan dan selalu penasaran untuk mencoba varian baru.
Modal usaha seblak juga tergolong kecil dan fleksibel. Banyak pelaku UMKM yang memulai bisnis seblak dari rumah atau melalui gerobak kaki lima. Tak heran jika seblak menjadi pilihan banyak orang yang ingin memulai bisnis kuliner dengan risiko yang minim.
Waktu penyajian yang singkat juga menjadi nilai tambah, karena pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk menikmati seblak yang lezat.
Karena digandrungi berbagai kalangan, tidak begitu sulit untuk memasarkan seblak di tengah persaingan kuliner yang ketat.
Promosi Bisnis Seblak di Media Sosial
Media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook menjadi ladang promosi yang sangat efektif Bisnis Seblak. Penjual seblak bisa membagikan video cara pembuatan, testimoni dari pelanggan, hingga promosi diskon melalui platform digital untuk menarik lebih banyak konsumen.
Bahkan, Bisnis Seblak rumahan bisa viral hanya karena satu video pendek yang memperlihatkan keunikan atau tingkat kepedasan seblak yang mereka jual.
Bisnis seblak juga sangat adaptif terhadap berbagai model penjualan. Tak hanya dijajakan di kaki lima atau warung sederhana, seblak hadir dalam bentuk frozen food dan bisa dipesan secara online melalui marketplace atau layanan antar makanan.
Keberhasilan bisnis seblak juga didukung oleh kemampuannya menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Bahkan di banyak daerah, seblak menjadi alternatif makan siang atau makan malam karena porsinya yang besar. Kepraktisan, rasa nikmat, dan harga ekonomis adalah kombinasi sempurna untuk membangun bisnis yang kuat dan berkelanjutan.
Bukan hanya pelaku usaha kecil, banyak brand kuliner besar mulai melirik seblak sebagai menu utama atau tambahan di outlet mereka. Hal ini menunjukkan bahwa seblak sudah naik kelas, dari jajanan pinggir jalan menjadi produk kuliner yang disukai semua kalangan.
Karena persaingan yang cukup ketat, banyak pelaku Bisnis Seblak yang mengusung tema tertentu seperti menawarkan tingkat kepedasan dan berbagai varian toping yang dapat dipilih.