linimassa.id – Pusat Sumber Belajar dalam bahasa Inggris learing resources centre merupakan suatu unit pada suatu lembaga dengan peran pendorong dan mengoptimalisasi proses pembelajaran dengan menyelenggarakan bermacam fungsi.
Fungsi tersebut meliputi layanan baik pelatihan, media, konsultasi, dan lainnya, fungsi pengadaan dan pengembangan media belajar, fungsi pengembangan penelitian, dan fungsi yang relevan lainnya pada peningkatan efisiensi juga efektifitas pembelajaran.
Pusat media adalah sebutan dari pusat sumber belajar (Rachrnan, 2018). Merupakan unit pemberi sarana pendidikan dan pelatihan juga mengenalkan bermacam media belajar.
Peserta didik secara individu mau pun kelompok diberikan kemudahan dari pembentukan pusat sumber belajar pada pemanfaatan berbagai sumber yang disediakan. Dengan begitu, kebutuhan sumber pada proses pembelajaran dapat dipenuhi oleh PSB.
Peranan penting dan besar dipegang pusat sumber belajar untuk menyediakan fasilitasi pada proses belajar. Selain sentral pada unit pembelajaran, pusat sumber belajar pun menjadi tempat segala informasi bagi pendidik, murid, atau pun staf yang turut serta pada proses pendidikan. Mutu pendidikan di Indonesia juga diharapkan dapat ditingkatkan oleh PSB.
Pembentukan PSB juga didasarkan pada pentingnya suatu lingkungan sebagai pendukung proses belajar peserta didik. Kondisi lingkungan yang nyaman merupakan salah satu faktor pendukung untuk belajar. Karena PSB, proses pembelajaran dapat dilakukan oleh peserta didik. Oleh karena itu, pengelolaan PSB yang baik bisa mernpengaruhi kenyamanan peserta didik ketika belajar.
Proses belajar yang dilakukan oleh peserta didik dipenuhi kebutuhannya oleh PSB. PSB menjadi tempat belajar bagiguru juga peserta didik seperti yang diterangkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. PSB menyediakan bahan ajar juga menjadikan tempat pelatihan pada uji kompetensi ketika memperolehnya pada setiap kegiatan.
Menurut Warsito (2008:215), PSB yaitu ruang bermacam jenis sumber belajar yang dikembangkan, dikelola, dan dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi pada kegiatan pembelajaran.
Zainuddin (1984) menerangkan, PSB adalah pemusatan terpadu berbagai sumber belajar meliputi orang, bahan, peralatan, fasilitas lingkungan, tujuan, dan proses. Pusat sumber belajar yaitu tempat pengembangan bermacam bahan ajar yang dibantuan multimedia. (Rachman, 2018)
Kesimpulan pusat sumber belajar merupakan unit yang berdiri di lingkungan sekolah dan perguruan tinggi sebagai pendukung pelaksanaan pembelajaran dang efektif dan efisien. PSB menjadi tempat untuk mengelola dan mengembangkan berbagai sumber belajar. PSB menyediakan kebutuhan berbagai sumber sehingga proses pembelajaran terwujud.

Tujuan Pusat Sumber Belajar (PSB)
PSB hakikatnya adalah segala sumber, bahan, dan personil pada sentral sumber belajar pemberi sokongan yang efektif dan efisien pada interaksi peserta didik serta guru pada pembelajaran.
PSB mempunyai arah pada peningkatan efektivitas dan efisiensi pengembangandistem intruksional. Pelaksanaannya dengan menyediakan bermacam pilihan yang menunjang kegiatan traditional class dan mendorong penggunaan berbagai cara baru. Cara-cara baru tersebut dipilih yang sesuai untuk mencapai tujuan program akademis dan berbagai kewajiban Instutisional sesuai perencanaan. PSB mempunyai tujuan khusus diantaranya:
- Penyedia bermacam kegiatan kelas tradisional dalam berkornunikasi.
- Pendorong cara belajar baru yang cocok untuk tujuan program akademis dan kewajiban Institusional lainnya yang akan dicapai.
- Pemberi layanan pada perencanaan, produksi, operasional, dan tindakan berkelanjutan demi mengembangkan sistem Intruksional.
- Pelaksana latihan para guru pada pengembangan sistem instruksional juga integritas teknologi pada proses pembelajaran.
- Penggerak usaha penelitian pada media pendidikan.
- Penyebar informasi untuk mengembangkan berrnacam sumber belajar yang lebih efektif dan efisien.
- Penyedia layanan produksi bahan ajar.
- Pemberi konsultasi pada perubahan desain sumber belajar.
- Sarana pembantu pengembangan standar pemakaian sumber belajar.
- Penyedia layanan pemeliharaan bermacam peralatan.
- Lembaga yang dapat menyediakan pada pilihan dan pengadaan bahan dan perlatan media.
Organisasi Pusat Sumber Bdajar (PSB)
Pendidikan dasar sampai saat ini masih dijadikan tolok ukur keberhasilan pendidikan yang merupakan basis awal sebagai pendidikan forrnal, khususnya di sekolah dasar, oleh karena itu keberadaannya secara kontinuitas perlu mendapat sentuhan dan pengelolaan yang lebih baik danprofesional melalui berbagai wadah Sistem Pembinaan Profesional (SPP) seperti KKG dan KKKS dan atau KKPS.
Dengan tersedianya sarana gedung sebagai tempat kegiatan yang cukup refresentatif dan memadai dalam hal ini gedung Pusat Sumber Belajar (PSB) sedikit banyak akan membantu meningkatkan motivasi, semangat dan gairah dalam melaksanakan kegiatan sehingga yang pada akhirnya para pelaksana penyelenggara pendidikan dapat meningkatkan kemampuannya secara profesional sesuai kompetensi yang wajib dimiliki oleh setiap insan pendidik dan kemudian pada gilirannya akan melahirkan kualitas para peserta didik yang baik dan akan memperoleh serta memiliki bekal pada kemampuan dasar yang handal serta dapat dipertanggungjawabkan untuk mengembangkan taraf hidupnya sebagai perseorangan, masyarakat, warga negara dan umat manusia juga menyiapkan mereka ke jenjang pendidikan menengah.
Tujuan Peningkatan Mutu Profesionalisme Guru dan Kepala Sekolah melalui Kegiatan Pusat Sumber Belajar (PSB) adalah:
- Tempat Pembinaan profesional tenaga pendidik dan kependidikan melalui kegiatan profesional diantaranya KKG, KKKS dan KKPS.
- Wadah menumbuhkembangkan semangat bekerjasama dengan kompetitif dikalangan guru, keanggotaan gugus termasuk peserta didik pada peningkatan mutu pendidikan.
- Sarana penyebar informasi, inovasi, serta pembinaan guru dan kependidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
- Sarana koordinasi, kerjasama, dan partisipasi masyarakat atau orang tua peserta didik (stakeholders) sebagai upaya peningkatan peran serta dalam membantu penyelenggaraan pendidikan.
- Lembaga penyemaian semangat jiwa Nasionalls yang menumbuhkan rasa percaya diri pada setiap tugas guru, kepala sekolah, pengawas/penilik sekolah termasuk peserta didik.
Sasaran Pusat Sumber Belajar (PSB) diantaranya:
- Meningkatkan dan menumbuhkan rasa kebersamaan serta kekeluargaan di antara keanggotaan PSB dalam mencapai tujuan pada peningkatan mutu pendidikan menjadi tanggungjawabnya.
- Melaksanakan kegiatan peningkatan mutu profesionalisme Guru, para Kepala Sekolah dan peserta didik yang tergabung dalam wadah KKG, KKKS dan kegiatan kesiswaan di PSB
- Mencari solusi berbagai masalah untuk meringankan beban di antara teman sejawat, kepala sekolah daniatau anggota KKG, dan PSB.
- Memacu Kepala Sekolah, Guru dan peserta didik agar terus belajar derni peningkatan mutu, juga tanggap pada tugas dan tanggungjawab sesuai tuntutan kebutuhan, era globalisasi dan kemajuan zaman.
- Memacu prestasi peserta didik melalui persaingan sehat da1am rangka penigkatan kualitas mutu pendidikan
Adapun tiga karakteristik pelayanan PSB ( et al., 2018) diantaranya:
- Menggunakan cara yang tidak sulit oleh pengguna mau pun petugasnya.
- Ekonomis juga efisien.
- Kelambatan yang minimal. Diusahakan agar pelayanan pemakaian tidak ada kelambatan.
Kesimpulan
Lingkungan yaitu sumber belajar untuk manusia sepanjang zaman. Mulai dari yang sifatnya konkret sampai dengan abstrak, hingga konsep sumber belajar yang punya arti luas meliputi segala sesuatu pada alanbaya. Empat sumber belajar tersebut yaitu orang, bahan, alat, dan lingkungan dipersempit dengan pengkategorian menjadi sumber bahan yang meliputi orang dan lingkungan, sedangkan sumber belajar alat meliputi bahan juga alat.
Menurut sumber belajar dibagi dua diantaranya dirancang (by design) dan dimanfaatkan karena tersedia (by utilization). Semua sumber belajar yang dikategorikan, mempunyai tujuan supaya proses pembelajaran peserta didik lebih merespon, giat, menulusuri, menentukan, menganalisis, mendapatkan sesuatu, menetapkan, juga dapat menyebarkan hasilnya agar hasil pernbelajaran bisa efektif, efisien juga meningkat.
Penjelasan ini sesuai dengan UU Nomor 20 Tahun 2003 Sisdiknas pasal 1 ayat 20 tentang pembelajaran. Namun, sistem ini memerlukan unit agar dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dan pengelolaan yang maksimal. Lembaga tersebut adalah Pusat Sumber Belajar (PSB).
Pengertian mengenai PSB telah banyak dijelaskan oleh para ahli dalam makalah ini. Dari semua pengertian PSB tersebut dapat disimpulkan bahwa PSB merupakan lembaga di mana terdapat kegiatan terorganisasi pemberi fasilitas pelatihan, pendidikan, memperkenalkan dengan media ajar, serta pemberian pelayanan yang menunjang cara belajar dengan tujuan memanfaatkan serta mengembangkan seluruh sumber belajar demi berbagai pembelajaran mandiri maupun kelompok untuk rnembuat hasil pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan hingga tujuan belajar tersebut tercapai dengan azas kebermanfaatan pusat sumber belajar meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Karena perubahan zaman, PSB mengalami perkernbangan. Gerakan yang mendorong timbulnya PSB yaitu Pengembangan Sistern Instruksional (PSI). PSI menipakan proses terus menerus dan sistematis untuk membantu guru melakukan pengembangan semua pengalaman belajarnyakepada peserta didik. lkatan penting antara PSB dan PSI yaitu semua sumber dan bahan ajar, segala macam alat audio-visual, semua sifat personal, untuk terwujudnya pengembangan sistem instruksional yang efektif dan efisien pada proses pembelajaran.
Penulis:
Hendi Iswanto, S.Pd.T (hendiiswanto12berkah@gmail.com)
Danar Hidayah, S.Pd (danarhidayah@gmail.com)
Wiwik Pratiwi S. Pd (wiwikpratiwi0541@gmail.com)
Dr. Lukman Nulhakim, M.Pd. (lukman.nulhakim@untirta.ac.id)



