linimassa.id – Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, mengharapkan agar masyarakat Tangerang Selatan dapat memahami proses dan tata cara pengaduan serta aspirasi yang mereka sampaikan kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui kanal Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).
Dalam acara sosialisasi pengaduan masyarakat melalui SP4N-LAPOR yang diikuti oleh perangkat kelurahan, kecamatan, dan perwakilan RT/RW se-Tangerang Selatan, Benyamin Davnie mengatakan, “Bapak dan Ibu yang hadir, saya imbau untuk ikut serta dalam kegiatan ini hingga selesai dan pastikan dapat memahami tata cara pengaduan masyarakat.”
Hal ini dianggap penting karena di era kemajuan teknologi saat ini, proses pembangunan kota sangat terbuka dan melibatkan partisipasi aktif masyarakat. Wali Kota menyatakan bahwa tidak ada lagi komunikasi satu arah, dan pemerintah berusaha membangun komunikasi dua arah yang memberikan kesempatan sebanyak mungkin bagi partisipasi aktif dari masyarakat.
Partisipasi tersebut dapat dilakukan melalui pengaduan melalui website SP4N-LAPOR. Sejak tanggal 12 Desember 2022, Pemerintah Kota Tangerang Selatan telah meluncurkan penerapan kanal pengaduan masyarakat tersebut. Benyamin Davnie menekankan bahwa tidak ada kata “alergi” terhadap aduan dan masukan dari masyarakat demi tercapainya kebijakan dan program yang tepat sasaran.
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangsel, Tb. Asep Nurdin, melaporkan bahwa hingga saat ini (16 Oktober), total pengaduan masyarakat melalui SP4N-LAPOR mencapai 523 laporan, dan hampir 99,43 persen dari pengaduan tersebut telah ditindaklanjuti. Dalam hal ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan adalah salah satu dinas yang merespons pengaduan masyarakat dengan cepat.
“Mudah-mudahan layanan publik yang ada di Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui SP4N-LAPOR ini berjalan semakin baik,” kata Tb. Asep Nurdin. Dengan demikian, upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan dan aspirasi di Tangerang Selatan diharapkan akan menjadi lebih efektif dan efisien. (AR)