linimassa.id – Tren belanja online makin tahun makin popular di kalangan masyarakat. Kemudahan memilih dan mengorder hanya tinggal klik, membandingkan harga sambal rebahan, dan mendapatkan harga terendah melalui beragam promo membuat masyarakat banyak memilih untuk belanja dengan cara ini.
Hasrat berbelanja saat Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas memang tidak bisa dihindarkan. Apalagi di momen 11.11 yang diperingari sebagai Harbolnas atau hari belanja online.
Harbolnas sebenarnya dilakukan sebagai bentuk edukasi bagi masyarakat yang akan melakukan transaksi belanja online.
Di Indonesia, Harbolnas diawali pada 12 Desember 2012 yang dicetuskan oleh para e-commerce yang tergabung dalam Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA). Beberapa e-commerce yang termasuk di dalamnya yaitu Lazada, Bukalapak, Zalora, Blanja, PinkEmma, Traveloka, dan Berrybenka.
Harbolnas digelar dengan tujuan untuk memberikan awareness kalau masyarakat bisa melakukan transaksi belanja online melalui e-commerce dengan aman. Sebab, saat itu belum begitu banyak orang yang mau bertransaksi online.
Sejak adanya Harbolnas 12.12, akhirnya setiap bulannya ketika tanggal kembar, e-commerce serentak menghadirkan promo khusus yang bisa dinikmati oleh masyarakat.
Lajang
Festival belanja Hari Lajang 11 November atau sering disebut Promo 11.11 juga terjadi di negara lain. Kendati Alibaba yang memulai promo 11.11 pada 2009 untuk memenangkan pembeli daring dengan diskon dan promosi, platform e-dagang utama di China kini semuanya ambil bagian. JD.com bergabung dalam Promo 11.11 pada 2012.
Pinduoduo milik PDD Holdings juga telah menjadi pemain penting dalam promo itu, menawarkan produk berbiaya rendah dalam persaingan dengan platform Tmall dan Taobao milik Alibaba.
Tren serupa terjadi di Asia Tenggara. Dalam survei terhadap 9.000 konsumen di wilayah itu pada pertengahan 2023, Bain & Company menemukan, 72 persen responden mengatakan akan memotong atau mempertahankan pengeluaran pada 2023. Mereka juga mengambil tindakan yang sama, seperti beralih ke merek yang lebih murah.
Di Indonesia, festival belanja Hari Lajang juga menjadi salah satu festival penting selain Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh pada 12 Desember. Sejumlah lokapasar, belakangan, juga kerap menggelar promo tanggal kembar per bulan setelah dua festival belanja itu.
Head of Communications Tokopedia (GoTo E-Commerce) Aditya Grasio Nelwan, Jumat (10/11/2023), mengatakan, Tokopedia sekarang tengah menggelar promo bertajuk War Diskon yang berlangsung setiap hari pukul 14.00, termasuk pada saat 11.11. Promo seperti ini diharapkan dapat mendongkrak penjualan mitra UMKM lokal.
Dia juga mengakui, Tokopedia menyelenggarakan promo saat tanggal kembar lain. Salah satunya yaitu 10.10 (10 Oktober). Dia mengklaim penjualan produk lokal kecantikan dan perawatan tubuh naik 12 kali lipat dibandingkan dengan transaksi harian pada September 2023.
Lazada Indonesia juga masih menggelar Promo 11.11, yang mana tahun 2023 berlangsung pada 11–15 November. Lokapasar ini mengumumkan bekerja sama dengan perusahaan pialang asuransi PT Bahtera Wahana Tritata (BWT)dan menggandeng perusahaan asuransi Mega untuk memberikan kupon diskon gratis.
Senior Vice President Category Director Fast Moving Consumer Goods Lazada Indonesia Lia Kurts mengatakan, produk kecantikan merupakan salah satu kategori produk yang paling dimina
Bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 11.11, berbagai macam brand memberikan banyak promo pada hari ini, Sabtu, 11 November 2023. Masyarakat dapat menggunakan promo 11.11 ini untuk membeli beragam produk mulai dari makanan dan minuman, kebutuhan sehari-hari, hingga tiket pesawat.
Promo yang diberikan jumlahnya sangat beragam, mulai dari penetapan harga jual ataupun diskon mulai dari harga Rp 11.000-an. (Hilal)



