LINIMASSA.ID – Menjelang puncak acara Creation Festival atau CREAFEST UI 2025, tim dari Program Studi Bisnis Kreatif Universitas Indonesia telah melakukan sosialisasi program studi ke 10 SMA/SMK sederajat di beberapa provinsi di Indonesia.
Kegiatan ini menjadi bagian awal dari rangkaian CREAFEST dengan tujuan menyuarakan semangat inovasi dan kreativitas di kalangan pelajar.
Jelang puncak acara CREAFEST UI 2025 itu, para pelajar kelas 11 mendapatkan informasi seputar pengalaman belajar di Program Studi Bisnis Kreatif, mulai dari kurikulum, lingkungan perkuliahan, hingga peluang karier di industri kreatif yang semakin berkembang.
Hal ini juga menjadi momen penting bagi pelajar yang sedang menimbang pilihan studi lanjutan dan membangun akademik mereka.
Salah satu peserta roadshow, Nadin, siswi SMA Prestasi Prima, merasa sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan termotivasi.
“Saya sangat tertarik karena baru pertama kali dengar ada jurusan Bisnis Kreatif, dan ternyata sangat seru! Penjelasan dari kakak-kakaknya juga bikin saya jadi lebih paham dan termotivasi,” ungkapnya.
Nadin bilang, informasi yang diperoleh membuka wawasan baru mengenai dunia bisnis dan kreativitas yang belum pernah ia temui sebelumnya di sekolah.
Selain memperkenalkan program studi, kegiatan ini juga menyampaikan informasi terkait dua kompetisi utama dalam CREAFEST, yaitu CBEC (Creative Business E-sport Competition) dan COMCRE (Competition Creation).
Kompetisi ini menjadi bagian penting dalam menunjukkan penerapan nyata kolaborasi, strategi, dan kreativitas di kalangan pelajar.
Langkah ini turut mendukung misi CREAFEST UI 2025 untuk:
- Menyampaikan informasi komprehensif tentang Program Studi Bisnis Kreatif UI
- Menjadi referensi dalam pelaksanaan kompetisi eksternal akademik dan non-akademik
- Menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan kolaborasi dan potensi diri
- Mendorong ide serta kreativitas melalui kegiatan yang merangkul berbagai minat dan bakat
Dengan keterlibatan 10 sekolah dalam kegiatan ini, CREAFEST UI 2025 berhasil menjangkau lebih banyak pelajar yang berpotensi untuk melanjutkan studi di bidang kreatif.
Di sisi lain, mahasiswa UI yang terlibat juga memperoleh pengalaman kolaboratif yang memperkaya proses pembelajaran mereka.