linimassa.id – Ternyata, penggunaan strategi promo dalam platform online terutama makanan itu manfaatnya sungguh besar. Strategi bakar uang kayak potongan ongkir, diskon product dan lain-lain.
Hal tersebut udah jadi common sense bagi kalangan start-up seperti Gojek, Grab, Air Asia Food termasuk jug shopee food, mereka menggunakan strategi bakar uang ini lewat diskon besar-besaran
Tujuannya bakar uang ini apa sih?
- Memunculkan awarness lebih cepat, karena pada dasarnya konsumen suka mendapatkan lebih banyak keuntungan.
- Transaksi, yang harapannya memunculkan ketergantungan dan loyalitas.
Manfaatnya ?
- Memperbesar segmentasi dan ekspansi pasar dgn cepat.
- Sebagai strategi menarik investor.
- Mematikan pesaing, krn pasar bisa berpindah dgn mudah krn banyak keuntungan yg diperoleh.
Tapi agaknya, strategi bakar uang ini juga dibarengi dengan dampak yang lumayan.
Di satu sisi pasar belum loyal krn cuma mau transaksi kalo diskonnya gede, akhirnya perusahaan terus-terusan bakar uang untuk ngasih diskon dan menciptakan loyalitas dan ketergantungan.
Termasuk shopee, perusahaan ini sepertinya lagi banyak melakukan efisiensi, namun loyalitas konsumen untuk terus transaksi belum terbentuk kalo ga ada voucher diskon.
Jadi dugaan minkop, salah satu alasan shopee “berbagi” beban diskon ke merchant adalah efisiensi ini.
Kalo untuk perusahaan dan brand besar, mungkin ga masalah kali ya sharing beban diskonan gini.
Tapi kalo untuk UMKM kayanya sharing beban diskonan ini lumayan berat, karna biasanya biaya promosinya masih kecil.