linimassa.id – Shopee telah melatih 433 pelaku UMKM binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di 16 kota dan kabupaten se-Indonesia lewat rangkaian program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 yang dimulai sejak April 2022 lalu.
90% dari peserta pelatihan juga telah mendigitalisasi bisnis mereka bersama Shopee dan kini siap untuk melebarkan sayap bersama Program Ekspor Shopee. Kerja sama ini dilakukan guna mendukung tercapainya target 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas hingga tahun 2024.
Dalam Puncak Acara AKI 2022 yang digelar di Tangerang menampilkan pameran produk dari 16 UMKM lokal terpilih yang berasal dari 16 kota/kabupaten, selain itu juga mengumumkan 3 UMKM pemenang Kompetisi Bisnis dengan hadiah berupa modal usaha yang diberikan oleh Shopee.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno dalam sambutannya mengatakan, mekanisme program AKI yang mendorong pelaku UMKM berkompetisi melalui ajang audisi diharapkan akan melahirkan UMKM champion yang punya daya saing tinggi menghadapi berbagai situasi sulit.
“Ini sesuai dengan apa yang Pemerintah targetkan, yakni pada 2023 dari 30 juta pelaku UMKM di Indonesia, sebanyak 62% telah terdaftar di e-commerce. Selanjutnya, potensi transaksi pembelian dalam negeri ditargetkan Rp500 triliun dan tulang punggungnya ada pada UMKM,” kata Sandi.
Oleh karena itu, pihaknya terus mendorong peran dari UMKM dengan peningkatan kapasitas pelaku UMKM yang telah terbukti menjadi tulang punggung perekonomian nasional.
“Salah satunya adalah melalui digitalisasi yang akan meningkatkan peluang pegiat UMKM dalam memperluas pasar dan pencapaian bisnis mereka. Untuk mencapai tujuan kolektif ini, saya tekankan pentingnya upaya menyatukan peran pemerintah dan swasta, dalam kesempatan ini Shopee, untuk bersinergi dengan baik,” ungkap Sandi.
Sementara itu, Head of Government Affairs Shopee Indonesia Ade Mulya menegaskan, dukungan Shopee pada rangkaian acara AKI 2022 sebagai wujud komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM dalam mendukung digitalisasi UMKM termasuk di sektor ekonomi kreatif.
“Kami diberi sebuah kehormatan untuk menjadi bagian dalam penjurian 3 pelaku UMKM terbaik dari rangkaian panjang program AKI 2022. Sebagai perusahaan teknologi, Shopee ingin terus menjadi kawan dalam setiap perjalanan UMKM Indonesia, termasuk dalam proses digitalisasi dan pengembangan bisnis mereka,” terang Ade.
Ade menerangkan, pada Minggu ini pihaknya meresmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor Bali dan juga mendukung penyelenggaraan World Conference on Creative Economy 2022 untuk terus mendukung industri ekonomi kreatif dan UMKM Bertumbuh.
“Kerja sama dengan AKI hari ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi UMKM lokal untuk perkembangan bisnisnya secara optimal,” harapnya. (rls/red)