linimassa.idlinimassa.id
  • News
  • Pemerintahan
  • Pendidikan
  • Bisnis
  • Gaya Hidup
  • Khazanah
  • Berita Video
Reading: Ular Tangga, Permainan Anak yang Bisa Dijadikan Metode Pembelajaran
linimassa.idlinimassa.id
  • News
  • Pemerintahan
  • Pendidikan
  • Bisnis
  • Gaya Hidup
  • Khazanah
  • Berita Video
Cari di sini
  • News
  • Pemerintahan
  • Pendidikan
  • Bisnis
  • Gaya Hidup
  • Khazanah
  • Berita Video
Punya akun? Sign In
Follow US
  • Disclaimer
  • Privacy
  • Redaksi
  • Info Iklan
© 2023 linimassa.id. Designed by dezainin.com
linimassa.id > Indeks > Pendidikan > Ular Tangga, Permainan Anak yang Bisa Dijadikan Metode Pembelajaran
Pendidikan

Ular Tangga, Permainan Anak yang Bisa Dijadikan Metode Pembelajaran

Hilal Ahmad 17 Oktober 2023
Share
waktu baca 4 menit
Ular Tangga, permainan anak yang bis jadi media pembelajaran pendidikan.
Ular Tangga, permainan anak yang bis jadi media pembelajaran pendidikan.
SHARE

linimassa.id – Ular tangga dikenal sebagai permainan papan untuk anak yang dimainkan oleh dua orang atau lebih.

Papan permainan ini dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah “tangga” atau “ular” yang menghubungkannya dengan kotak lain. Permainan ini diciptakan pada tahun 1870.

Tidak ada papan permainan standar dalam ular tangga – setiap orang dapat menciptakan papan mereka sendiri dengan jumlah kotak, ular dan tangga yang berlainan.

Setiap pemain mulai dengan bidaknya di kotak pertama (biasanya kotak di sudut kiri bawah) dan secara bergiliran melemparkan dadu.

Bidak dijalankan sesuai dengan jumlah mata dadu yang muncul. Bila pemain mendarat di ujung bawah sebuah tangga, mereka dapat langsung pergi ke ujung tangga yang lain.

Bila mendarat di kotak dengan ular, mereka harus turun ke kotak di ujung bawah ular. Pemenang adalah pemain pertama yang mencapai kotak terakhir.

Biasanya bila seorang pemain mendapatkan angka 6 dari dadu, mereka mendapat giliran sekali lagi. Bila tidak, maka giliran jatuh ke pemain selanjutnya.

 

Media Pembelajaran

Ular tangga ternyata bisa menjadi media pembelajaran. Melalui permainan ular tangga ini, siswa menjadi lebih antusias ketika proses pembelajaran berlangsung.

Media pembelajaran dengan menggunakan permainan ular tangga ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu kertas petak permainan, kartu pertanyaan, dadu, dan maskot.

- Advertisement -
Ad imageAd image

Secara sederhana media pembelajaran permainan ular tangga dapat dipahami sebagai permainan dalam papan yang berisi pertanyaan dengan cara melemparkan dadu serta dipapan ini berisi gambar ular dan pertanyaan-pertanyaan.

Dalam penggunaan media ular tangga sebagai media pembelajaran, perlu diperhatikan bahwa permainan ini hanya sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Oleh karena itu, permainan harus disesuaikan dengan materi pembelajaran yang sedang dipelajari.

Permainan ular tangga dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat diambil oleh guru dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran.

Media permainan Uular tangga juga dapat menjadi sarana pembelajaran yang ampuh, membantu meningkatkan motivasi siswa, hasil belajar, interaksi sosial dan keterampilan kognitif.

Ini beberapa alas an permainan ular tangga ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dikarenakan :

  1. Meningkatkan Motivasi Siswa

Pembelajaran dengan ular tangga dapat menimbulkan keceriaan dalam suasana belajar yang menyenangkan dan menarik, sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa menjadi lebih semangat ketika dalam proses pembelajaran.

  1. Meningkatkan Interaksi Sosial

Permainan ular tangga dapat dimainkan oleh dua atau lebih pemain, sehingga dapat meningkatkan interaksi sosial antar siswa, dengan adanya ular tangga ini interaksi antar siswa menjadi lebih hidup antara satu sama lain dan saling membantu temannya jika tidak dapat menjawab pertanyaan di dalam permainan ular tangga karena mereka bermain bersama dalam permainan ular tangga yang disesuaikan dengan materi dalam pembelajaran.

  1. Meningkatkan Keterampilan Kognitif

Permainan ular tangga dapat meningkatkan keterampilan kognitif siswa sehingga siswa lebih mudah memahami materi dalam pembelajaran karena dalam permainan ular tangga melibatkan pemikiran strategis, perencanaan langkah, dan pengambilan keputusan. Hal ini dapat merangsang aktivitas kognitif siswa.

Dengan menggunakan permainan ular tangga menjadi media pembelajaran yang efektif karena dapat meningkatkan motivasi siswa, meningkatkan interaksi sosial, dan meningkatkan keterampilan kognitif siswa. Dan permainan ular tangga tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi juga dapat membantu dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa. (Hilal)

Share This Article
Facebook X Whatsapp Whatsapp Telegram Copy Link Print
- Advertisement -
Ad imageAd image
- Advertisement -
Ad imageAd image
- Advertisement -
Ad imageAd image
- Advertisement -
Ad imageAd image

Terkini

Saham Pemkot Tangsel di Bank BJB
LBH Ansor Temukan Kejanggalan Nilai Saham Pemkot Tangsel di Bank BJB
Pemerintahan
Baznas Kota Tangsel
3 Petinggi Baznas Kota Tangsel Plesiran ke Hong Kong, Ngapain?
News
IMG 7421 scaled e1750429455984
Efisiensi Anggaran Publikasi di Tangsel, Pengusaha Lokal Terancam Gelombang Pemecatan
Pemerintahan
WhatsApp Image 2025 06 20 at 22.35.11 e1750512621899
Warga Paku Jaya Bersyukur Rumah Tak Bocor Lagi, Pemkot Tangsel Dapat Apresiasi
Pemerintahan
Warga Pandeglang Digigit Ular
49 Warga Pandeglang Digigit Ular Selama 2025
News
linimassa.idlinimassa.id
Follow US
© 2023 linimassa.id. Designed by dezainin.com
  • Disclaimer
  • Privacy
  • Redaksi
  • Info Iklan
logo-linimassaid
Selamat datang kembali!

Login ke akunmu

Username or Email Address
Password

Lost your password?