linimassa.id – Halma adalah salah satu permainan jadul yang kerap dimainkan anak-anak bersama permainan lainnya, seperti ular tangga, ludo atau monopoli.
Permainan ini bukan hanya seru tapi juga mengasah otak Permainan ini biasa dimainkan setelah pulang sekolah atau saat menunggu bedug adzan Magrib sambil menunggu waktu buka puasa.
Meski nama permainan ini dalam Bahasa Inggris disebut Chinese Checkers dan mengundung unsur kata Cina, tapi asal permainan ini adalah Amerika Serikat.
Halma merupakan suatu permainan yang memerlukan strategi tepat untuk dapat memenangkannya.
Sejak diperkenalkan pada tahun 1884, halma menjadi salah satu permainan yang cukup populer. Permainan ini diketahui memiliki sejumlah manfaat yang dapat memengaruhi kecerdasan berpikir manusia.
Selain itu, halma juga bermanfaat untuk mengasah otak pemain agar dapat mengambil keputusan yang tepat dan cepat. Hal ini akan berguna untuk membantu seseorang mencari solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi. Lantas, bagaimana cara bermain Halma?
Permainan ini pertama kali diciptakan oleh seorang profesor asal Boston bernama George Howard Monks, ahli bedah toraks. Dia lulusan dari sekolah kedokteran Harvard. Halma dia ciptakan pada 1883. Permainan ini dia buat bersama dengan Thomas Hill, seorang ahli matematika.
Konon, dalam bahasa Yunani kuno permainan Halma artinya “melompat.” Permainan ini diilhami oleh Hoppity, sebuah board game yang usianya lebih tua dari Halma. Hoppity diciptakan di negara Jerman.
Untuk bermain halma dibutuhkan papan halma berserta pionnya. Papan permainan halma terbuat dari papan dengan bentuk segi 6 yang mempunyai 10 pasak pada tiap-tiap sudutnya.
Pemain yang akan ikut bermain Lalu mempersiapkan juga tim yang akan ikut bermain. Permainan halma dimainkan oleh 2, 3, 4, sampai 6 pemain. Jika dimainkan oleh 2 orang, maka tiap-tiap pemain akan memegang 3 area segitiga.
Jika permainan dimainkan oleh 3 orang, maka tiap-tiap pemain akan memegang 2 buah area segitiga.
Jika dimainkan oleh 6 pemain, maka tiap-tiap pemain akan memegang 1 area segitiga.
Aturan
- Permainan ini membutuhkan 2-4, hinggga 6 pemain.
- Permainan dimainkan sesuai dengan arah jarum jam.
- Pilih area segitiga yang akan menjadi daerah permainan. Pilih area segitia yang saling berhadapan, jika permainan ini dimainkan oleh 2, 3 atau 4 orang. Tapi jika hanya dimainkan oleh 6 orang, maka tiap pemain hanya memegang satu area segitiga.
- Tiap area segitiga akan diisi oleh 10 pion. Akan tetapi penggunaan pion ini juga bisa divariasikan sesuai dengan jumlah pemain yang ikut bermain. Bila jumlah pemain 6, maka jumlah pionnya 10. Bila jumlah pemainnya 4, maka jumlah pionnya 13. Jika jumlah pemainnya 2, makan pionnya berjumlah 19, dan seterusnya.
- Ketika pemain melompati pion lawan, maka pion itu tak akan tereliminasi. Pion tadi hanya merupakan batu loncatan hingga pion pemain tersebut bisa melangkah lebih cepat.
- Jika pion sudah masuk ke area yang berlawanan, maka pion tadi tak bisa keluar maupun kembali ke area lain. Ini akan berlaku seperti ini selama berlangsungnya permainan.
- Pemenang permainan ini adalah pemain yang pionnya sudah berpindah ke arah yang berlawanan. Ini berarti pion pemain tersebut berhasil menguasai semua area segitiga lawan.
Cara Bermain
- Permainan diawali dengan bermain lempar koin atau suit untuk menentukan pemain yang mendapatkan giliran pertama bermain.
- Pada tiap giliran bermain, pemain akan melangkahkan pion ke titik yang lain yang terletak di dekatnya. Jadi dia harus mencari area yang kosong. Arah langkah pionnya bisa maju, mundur, maupun melangkah ke bagian samping.
- Pion juga bisa melangkahi pion lain. Untuk bisa melangkahi pion lawan, pion pemain tersebut arus terletak dalam satu garis dan terletak tepat disamping pion yang akan melangkahinya. Tujuan melangkahi pion sendiri atau pion lain adalah untuk mempercepat langkah pion tersebut. Dengan dilangkahi pion pemain tidak tereliminasi, jadi pion tersebut tak perlu didepak dari papan permainan.
- Langkahkan pion ke area segitiga yang berada di hadapan. Lakukan hal ini sampai semua pion berpindah tempat.
- Jika semua pemain berhasil menguasai daerah segitiga lawan, dia dinyatakan sebagai pemenang.
Manfaat
- Meningkatkan ketelitian.
- Mengasah kemampuan berinteraksi.
- Belajar mengenai strategi.
- Melatih kesabaran.
- Belajar tentang sportivitas.
- Belajar mengambil keputusan.
- Meningkatkan fokus.
- Mengasah otak.
Itulah tentang halma. Selamat bermain. (Hilal)